Mata Pencaharian Desa Pacanggaan


Potensi Desa Pacanggaan 

Desa Pacanggaan Kecamatan Pangarengan Kabupaten Sampang memiliki luas wilayah kurang lebih 118.416m2 dengan kondisi wilayah yang mayoritas penduduknya bergelut pada sector pertanian berupa padi, jagung, kacang serta tembakau pada musim kemarau , akan tetapi keadaan hidrologi desa Pacanggaan sangat menggantungkan pada curah hujan yang tidak menentu hal ini dikarenakan tidak adanya system irigasi yang ada di desa Pacanggaan karena tidak ada aliran sungai air tawar atau sumber air yang cukup , jika musim kemarau tiba hampir seluruh masyarakat sangat kekurangan air karena susahnya sumber air bersih di desa kami, maka dari itu kami sangat berharap kepada pemerintah untuk dapat memecahkan masalah ini supaya masyarakat tidak selalu kesusahan mendapatkan air bersih dan jika pada musim penghujan ada sebagian desa kami yang terendam banjir karena sebagian dari desa kami mempunyai dataran rendah dan kurangnya Drainase yang memadai.
Secara topografi Desa Pacanggaan , sebagian besar berupa tanah dataran dengan struktur tanah lempung berpasir. Dengan kondisi tanah seperti ini banyak sekali dimanfaatkan masyarakat desa Pacanggaan untuk bercocok tanam padi maupun tanaman semusim lainnya.
Mata pencaharian penduduk di Desa Pacanggaan sebagian besar masih berada di sector pertanian . Hal ini menunjukkan bahwa sector pertanian memegang peranan  penting dalam bidang ekonomi masyarakat.
Data menurut mata pencaharian penduduk dapat dilihat pada Tabel 6 berikut ini :
Tabel 6 Data Penduduk Menurut Mata pencaharian
No
Mata Pencaharian
Jumlah (orang)
1.
Petani
648
2.
Buruh Tani
480
3.
Buruh Swasta
-
4.
Pegawai Negeri Sipil
22
5.
Guru Negeri
8
6.
Guru Swasta
48
7.
ABRI/ Polisi
5
8.
Pedagang
15
9.
Tukang Kayu/ Batu
34
10.
Peternak
23
11.
Karyawan Swasta
15
12.
Montir
5
13.
Perawat / Bidan
8
14.
Dokter
5
15.
Sopir
14
16.
Penjahit
18
17.
Pengrajin
2
18.
Jasa Angkut
6
19.
Pensiun
12
Sumber Data: Data Potensi Sosial Ekonomi Desa/ Kelurahan tahun 2017

Tidak ada komentar:

Posting Komentar