Profil Desa

Visi dan Misi Pembangunan Desa Pacanggaan


Visi
      Visi adalah gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan, dibangun melalui proses refleksi dan proyeksi yang digali dari nilai-nilai luhur yang dianut oleh seluruh komponen pemangku kepentingan.
      Bersamaan dengan penetapan RPJM-DESA PACANGGAAN ,dirumuskan dan ditetapkan juga Visi desa Pacanggaan : “Membangun Desa Pacanggan menuju masyarakat agamis, berpendidikan, sehat, aman, dan sejahtera. “
Misi 
      Hakekat misi desa Pacanggaan merupakan turunan dari visi desa Pacanggan. Misi merupakan tujuan jangka lebih pendek dari visi yang akan menunjang keberhasilan tercapainya sebuah visi. Dengan kata lain misi desa Pacanggaan merupakan penjabaran lebih operatif dari visi. Penjabaran dari visi ini diharapkan dapat mengikuti dan mengantisipasi setiap terjadinya perubahan situasi dan kondisi lingkungan di masa yang akan datang dari usah-usaha mencapai visi desa Pacanggan.
      Untuk meraih visi desa Pacanggan seperti yang sudah dijabarkan diatas, dengan mempertimbangkan potensi dan hambatan baik internal maupun eksternal, maka disusunlah misi desa Pacanggan sebagai berikut :
  1. Mewujudkan dan mengembangkan kegiatan keagamaan untuk menambah keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa
  2. Mewujudkan dan mendorong terjadinya usaha-usaha kerukunan antar dan inter warga masyarakat yang disebabkan karna adanya perbedaan agama, keyakinan, organisasi, dan lainyya dalam suasana saling menghargai dan menghormati.
Struktur Organisasi Pemerintahan Desa Pacanggan Kecamatan Pangarengan
 

Organisasi Pemerintahan Desa

            Sebagaimana dipaparkan dalam UU No. 06 Tahun 2014 bahwa di dalam desa terdapat tiga kategori kelembagaan desa yang memiliki peranan dalam tata kelola desa yaitu : Pemerintahan Desa, Badan Permusyawaratan Desa dan Lembaga Kemasyarakatan. Pemerintah Desa ini dijalankan untuk mengatur dan mengurus kepentingan masyarakat setempat berdasarkan asal-usul dan adat istiadat setempat yang diakui dan dihormati dalam sistem pemerintahan di negeri ini. Pemerintahan Desa atau yang disebut dengan nama lain adalah Kepala Desa dan Perangkat Desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan Desa. Kepala Desa mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan, dan kemasyarakatan.

            Badan permusyawaratan desa adalah Lembaga yang merupakan perwujudan demokrasi dalam penyelengaraan pemerintahan Desa sebagai unsur penyelenggara pemerintahan Desa. Badan Permusyawaratan Desa berfungsi menetapkan peraturan Desa bersama kepala Desa, menampung dan menyalurkan aspirasi masyarakat. Berikut bagan struktur Badan permusyawaratan desa Pacanggaan :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar